Skripsi
Perbedaan Sikap Belajar Antara Anak Yang Mengikuti Les Privat Dengan Yang Tidak Mengikuti Les Privat Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun 2010 / 2011
ABSTRAK
RACHMAT.2011.Perbedaan Sikap Belajar Antara Anak Yang Mengikuti Les Privat Dengan Yang Tidak Mengikuti Les Privat Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun 2010 / 2011 Drs. Soebianto, M.Pd Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Tegal.
Kata kunci : Sikap belajar, Les privat
Sikap belajar merupakan salah satu usaha yang dilaksanakan siswa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Dengan memiliki sikap belajar yang positif, maka akan memiliki prestasi belajar yang baik pula. Diharapkan dengan mengikuti les privat akan memiliki sikap belajar yang lebih mendorong pencapaian prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sikap belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang mengikuti les privat, (2) untuk mengetahui sikap belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang tidak mengikuti privat les, (3) untuk mengetahui seberapa besar perbedaan antara sikap belajar anak yang mengikuti les privat dengan yang tidak mengikuti les privat pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 45 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa antara lain 20 siswa yang mengikuti les privat dan 20 yang tidak mengikuti les privat.
Data penelitian ini diperoleh dari skala sikap belajar. Analisis data hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan thitung = 2,24, ttabel = 1,72.
Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah thitung lebih besar dari ttabel, maka Hk diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap belajar siswa yang mengikuti les privat dan sikap belajar yang tidak mengikuti les privat pada SD Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Adapun saran dalam penelitian ini adalah : (1) dapat dijadikan sumber informasi atau bahan acuan bagi guru pembimbing pada khususnya dan bidang pendidikan pada umumnya, (2) kepada guru kelas SD Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal dapat membimbing siswa dalam rangka meningkatkan sikap belajar siswa agar memiliki prestasi belajar yang tinggi, (3) kepada siswa SD Negeri Kedawung Kec. Bojong Kab. Tegal dapat belajar dengan optimal dapat bersikap belajar yang positif, (4) kepada pihak sekolah perlu meningkatkan kegiatan-kegiatan sekolah yang dapat mendukung berkembangnya potensi-potensi masing-masing siswa.
BK0911142 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain