ttabel (2,953 > 2,660). Maka dapat disimpukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle "5E" berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP Ma'arif NU Margasari tahun ajaran 2010/2011. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaraanya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan efektifan dalam belajar di kelas, hendaknya guru perlu memberikan metode mengajar yang tepat sesuai dengan karateristik peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle "5E" dalam proses belajar mengajar supaya siswa lebih berminat dalam belajar dan merasa nyaman serta tidak merasa bosen dengan materi yang disampaikan oleh guru." />
Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE "5E" TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII SMP MA'ARIF NU MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MAHMUDAH, RIA. 2011. "Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle "5E" terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Ma'arif NU Margasari Tahun Ajaran 2010/2011". Skipsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd., Dewi Amalia Nafiati, S.Pd, M.Si.
Kata kunci : Model, pembelajaran, learning cycle "5E", prestasi belajar, IPS Ekonomi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle "5E" dalam pembelajaran IPS ekonomi Kelas VIII SMP Ma'arif NU Margasari Tahun Ajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma'arif NU Margasari tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 103 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII.A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Tenik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung sebesar 2,953, dengan derajat kebebasan (dk) = 30 + 30 - 2 = 58, dan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,660. Berarti thitung > ttabel (2,953 > 2,660). Maka dapat disimpukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle "5E" berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP Ma'arif NU Margasari tahun ajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaraanya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan efektifan dalam belajar di kelas, hendaknya guru perlu memberikan metode mengajar yang tepat sesuai dengan karateristik peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle "5E" dalam proses belajar mengajar supaya siswa lebih berminat dalam belajar dan merasa nyaman serta tidak merasa bosen dengan materi yang disampaikan oleh guru.
PE0911119 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain