ttabel (2,857 > 2,660). Maka dapat disimpukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya pihak sekolah hendaknya lebih intensif lagi mensosialisasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di kalangan guru dan siswa, terlebih guru ekonomi di SMA Ma'arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal." />
Skripsi
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA MA'ARIF NU JATINEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SRI YUNITA. 2011. "Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara Tahun Pelajaran 2010/2011". Skipsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dr. Basukiyatno, M.Pd., Dewi Amalia Nafiati, S.Pd, M.Si.
Kata kunci : Pengaruh, penerapan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), prestasi belajar, mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah populasi sebanyak siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas yaitu XI.A, XI.B dan XI.C yang berjumlah 121. Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak dengan teknik random sampling dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 60 siswa, yaitu 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data-data seperti: daftar nama siswa, jumlah siswa, daftar nilai siswa siswa kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011 sedangkan teknik dokumentasi berupa data prestasi dari guru ekonomi melalui ulangan harian, tugas, kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011. Tenik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung sebesar 2,857. Dengan derajat kebebasan (dk) = 30 + 30 - 2 = 58, dan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,660. Berarti thitung > ttabel (2,857 > 2,660). Maka dapat disimpukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Ma'arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya pihak sekolah hendaknya lebih intensif lagi mensosialisasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di kalangan guru dan siswa, terlebih guru ekonomi di SMA Ma'arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal.
PE0911120 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain