Skripsi
PENGARUH KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL GUNA MEMBANTU DIRI SENDIRI MEMILIH KARIER PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
BASIT ABDUL NPM. 1107500571 Program Studi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Dengan judul Pengaruh konseling kelompok dalam mengembangkan life skill guna membantu diri sendiri memilih karier pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Warureja Kebupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, M.M. Dr. Maufur, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Life Skill Guna Membantu Peserta Didik Untuk Memilih Karier.
Permasalahan dalam penelitian ini merupakan pengaruh konseling kelompok dalam mengembangkan life skill guna membantu peserta didik untuk memilih kariernya dan pengembangan kemampuan atau keterampilan peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam mengembangkan life skill guna membantu diri sendiri memilih kariernya pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal yang berjumlah 20 Peserta didik. Karena jumlah peserta didik kurang dari 100 responden maka, tidak menggunakan sampel. Populasi yang berjumlah 20 peserta didik, diambil semua untuk menjadi kelompok eksperimen. Sedangkan kelompok control diambil dari SMK Negeri 1 Adiwerna, dengan alasan tempat tersebut mempunyai karakteristik lingkungan dan problem hidup yang sama dengan kelompok eksperimen.
Hasil analisis deskriptif prosentase diperoleh responden dari konseling kelompok yang mempunyai nilai tinggi sebanyak 12 peserta didik (60%), dan responden yang memperoleh nilai sangat tinggi sebanyak 8 peserta didik (40%). Sehingga nilai responden konseling kelompok dari 20 peserta didik memiliki nilai mayoritas tinggi.
Hasil pengembangan life skill dalam pemilihan karier diperoleh responden dari pengembangan life skill dalam pemilihan karier yang memperoleh nilai tinggi sebanyak 6 peserta didik (30%), dan responden yang memperoleh nilai sangat tinggi sebanyak 14 peserta didik (70%). Sehingga nilai responden pengembangan life skill dalam pemilihan karier dari 20 peserta didik memiliki nilai mayoritas sangat tinggi.
Hasil penelitian di analisis dengan product moment. Berdasarkan dari analisis data diperoleh thitung 0,529 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 20 pada taraf signifikan 5% harga ttabel N = 0,444. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel 0,529 > 0,444 (t.s 5%). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima.
Guru diharapkan sering melakukan konseling kelompok untuk mendapatkan hasil lebih baik agar peserta didik lebih kreatif dan inovatif dalam memilih karier dan prestasinya.
BK0911144 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain