Skripsi
IMPLEMENTASI MINAT BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
DARWANTI. 2011. Implementasi Minat Belajar Siswa dan Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Irsyad. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Sugito, SH, M.H, Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Minat belajar, Motivasi, Prestasi
Dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal tentu harus diimbangi dengan pengorbanan, baik dari siswa itu sendiri, orang tua, guru dan lingkungan. Sebagai orang tua tentu akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Hal ini orang tua dapat berperan serta memberikan motivasi atau dorongan pada anak supaya giat belajar, sedangkan guru berperan dalam Proses Belajar Mengajar di sekolah untuk membangkitkan minat belajar anak terhadap prestasi belajar.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi minat belajar dan motivasi orang tua siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII?. Berdasarkan landasan teori, penelitian ini memfokuskan tentang ada tidaknya minat belajar siswa dan motivasi orang tua untuk memotivasi anak agar prestasi belajar anak menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample, pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi minat belajar dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII cukup baik karena waktu pelaksnaaan pembelajaran siswa mengikuti proses belajar dengan baik, pada proses belajar mengajar guru menggunakan model ceramah bervariasi, tanya jawab serta senantiasa memberikan keteladanan kehidupan sehari-hari dan metode penilaian tidak ada penilaian khusus berkaitan dengan minat belajar siswa tetapi teknik penilaian seperti ulangan harian, tugas rumah dan ulangan tes. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor intern seperti kecerdasan siswa dan minat siswa untuk belajar, faktor ekstern seperti keadaan keluarga atau hendaknya orang tua memberikan dorongan siswa untuk belajar, keadaan siswa dan keadaan sekolah.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru diharapkan selalu berusaha untuk dapat memilih kegiatan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan guru hendaknya bisa menerapkan sistem aktifitas siswa agar dapat merangsang siswa aktif belajar sekaligus memberi motivasi.
PPKN0911104 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain