Skripsi
ASPEK PSIKOLOGIS NOVEL SEPERTIGA MALAM KARYA SYAIFUL ERFAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
ABSTRAK
CHOTIMAH NUR, 2011. Aspek Psikologis Novel Sepertiga Malam karya Syaiful Erfan dan Implikasinya dalam pembelajaran Sastra SMA. Skripsi program studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci :Aspek Psikologi, Novel.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek psikologi yang terdapat dalam novel Sepertiga Malam karya Syaiful Erfad. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang aspek psikologi yang tertuang dalam novel Sepertiga Malam yang didasarkan pada pendekatan psikolog sastra serta alternatif pembelajarannya bagi peserta didik khususnya di Tingkat SMA.
Tahapan awal dalam penelitian ini adalah menentukan rumusan masalah yang merupakan pokok pertanyaan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian, selanjutnya ialah menentukan landasan teori-teori berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian yang akan dikaji baik teori kesastraan maupun teori kebudayaan yang digunakan sebagai pedoman dalam aspek psikologi.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan yang digunakan ialah penekanan psikologi sastra yang merupakan pendekatan sastra yang terfokus pada masalah manusia.
Pada prinsipnya terdapat tiga perspektif dalam psikologi sastra yaitu : 1) penelitian yang memandang karya sastra sebagai dokumen sosial yang didalamnya merupakan refleksi pada masa sastra tersebut diciptakan, 2) penelitian yang mengungkapkan sastra sebagai cermin situasi sosial penulisan, 3) dan Psikologi dan novel Sepertiga Malam merupakan novel yang berisikan gambaran religius dalam kontek beragama, sosial maupun budaya sehingga metode tersebut sangatlah tepat diterapkan.
Metode / teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan teknik pustaka. Metode ini digunakan untuk memperoleh data-data sebagai bahan analisis maupun sebagai landasan teoretis untuk menentukan gambaran realistis aspek psikologi yang terdapat dalam novel Sepertiga Malam.
Tahapan terakhir adalah mengimplementasikan novel Sepertiga Malam dalam pendidikan khususnya pembelajaran sastra, novel Sepertiga Malam dapat dijadikan bahan alternatif bagi guru maupun peserta didik sebagai materi pembelajaran sastra yang berkaitan dengan aspek psikologi, histories maupun budaya yang tercermin dalam sebuah karya sastra.
PBSI0911143 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain