7,815. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan jika hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Berarti ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/ 2011. Sedangkan hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/ 2011 ditolak." />
Skripsi
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 01 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
LUTFIANA INTAN, 1507500765. 2011. "Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Sutji Muljani, M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Kesantunan Berbahasa Siswa.
Pendidikan dalam keluarga memiliki nilai strategis dalam pembentukan kepribadian anak. Sejak kecil anak sudah mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya melalui keteladanan dan kebiasaan hidup sehari-hari dalam keluarga. Melalui lingkungan keluarga, orang tua akan melakukan sosialisasi yang biasa diterapkan melalui kasih sayang. Hal ini akan lebih baik lagi apabila orang yang bersangkutan mempunyai ilmu pengetahuan yang didapat dari pendidikan formal dan informal. Berkaitan dengan hal tersebut, pendidikan formal yang relatif tinggi akan memberikan kesadaran pada diri seseorang untuk berkomunikasi lebih lembut, sopan, santun, sistematis, teratur, dan lugas.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan bahwa ada pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua dengan kesantunan berbahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 335 siswa. Dari 335 siswa diambil sampel berdasarkan teknik cluster random sampling dan menggunakan cara undian. Dari 9 kelas yang ada pada kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/2011, diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner untuk mengetahui kesantunan berbahasa siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistika uji chi-kuadrat.
Hasil penelitian dengan uji chi-kuadrat diperoleh nilai sebesar 11,21. Untuk menguji hipotesis maka nilai tersebut dikonsultasikan pada tabel nilai kritis= 3 dan taraf signifikansi didapat , didapat hasil nilai = 11,21 > 7,815.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan jika hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Berarti ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/ 2011. Sedangkan hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja tahun pelajaran 2010/ 2011 ditolak.
PBSI0911142 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain