Skripsi
PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal)
ABSTRAK
WINDI NOVITASARI. SKRIPSI.PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI. PROGRAM STUDI AKUNTANSI. FAKULTAS EKONOMI. UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara Perilaku Belajar, Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Akademik mahasiswa Akuntansi di Universitas Pancasakti Tegal. Jenis penelitian ini menggunakan data primer, sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi di Universitas Pancasakti Tegal, semester II, IV, VI dan VIII sebanyak 100 mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer (diperoleh dengan menggunakan kuestioner tertutup dengan pengukuran skala likert lima titik) dari Mahasiswa Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda. Pengujian dibantu dengan SPSS versi 17.00.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,523 dan nilai signifikansinya adalah 0,045 artinya F hitung > dari F tabel (2,523 > 2,47) artinya terdapat pengaruh secara simultan antara perilaku belajar, lingkungan belajar, minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.
Sedangkan hasil penelitian secara parsial variable yang berpengaruh secara signifikansi terhadap Prestasi Akademik mahasiswa Akuntansi adalah variable Kecerdasan Emosional, yang diperoleh dengan nilai thitung sebesar 2,580 dengan nilai probabilitas sebesar 0,011 < 0,05, maka H0 ditolak yang berarti kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Perilaku Belajar, Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, mahasiswa akuntansi dan Prestasi Akademik.
AKT0911123 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain