Skripsi
PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ISABELLA KARYA MAULANA MUHAMMAD SAEED DEHLVI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
ABSTRAK
NOVIYANTI. 2011. "Perilaku Tokoh Utama Novel Isabella Karya Maulana Muhammad Saeed Dehlvi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Drs. Tri Mulyono, M.Pd. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Perilaku, Tokoh Utama, Novel
Tujuan rmasalah yang akan dikaji pada penelitian adalah 1) Bagaimana perilaku tokoh utama karya Maulana Muhammad Saeed Delhvi? ; 2) Bagaimana implikasi bagi pembelajaran sastra di SMA? Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan :1) Mendeskripsikan perilaku tokoh utama novel Isabella karya Maulana Muhammad Saeed Dehlvi ;2) Memberikan implikasi bagi pembelajaran sastra di SMA.
Jenis penelitian ini adalah berupa novel Isabella karya Maulana Muhammad Saeed Dehlvi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Pembahasan hasil penelitian ini meliputi: tipe-tipe perilaku tokoh utama yang mempengaruhi perilaku tersebut. Perilaku tokoh utama yaitu Isabella memiliki perilaku yang pantang menyerah dalam mencari kebenaran ajaran agama Kristen, pencariannya untuk menemukan pengetahuan yang membuka tabir kebenaran dan keadilan terbentang dihadapannya, Isabella mulai meninggalkan agamanya dan meraih Islam sebagai agama baru, ia dengan berani dan gigih mengungkapkan kebenaran tanpa takut mendapat siksaan dari ayah serta gurunya demi mendapatkan kebenaran yang selama ini dicari. Menurut teori tiga dimensi atau orientasi dasar dari hubungan-hubungan antar pribadi tingkah laku yaitu tipe perilaku inklusi meliputi: perilaku kurang sosial dimiliki oleh Isabella, perilaku terlalu sosial dan perilaku sosial yang dimiliki Isabella; tipe perilaku kontrol meliputi: perilaku otokrat dimiliki oleh Isabella dan perilaku demokrat dimiliki oleh Isabella. Manfaat hasil penelitian ini dapat memberi informasi kepada pembaca bahwa perilaku seseorang bisa dijadikan sebagai contoh bahan pembelajaran sastra kepada siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Isabella karya Maulana Muhammad Saeed Dehlvi dapat dijadikan sabagai alternatif bahan pembelajaran sastra di SMA. Hal tersebut karena isi yang terkandung dalam novel tersebut ada yang positif. Di samping itu, juga ada yang bersifat negatif. Sifat-sifat positif itulah yang dapat dijadikan contoh karena nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat dan dapat dijadikan suri tauladan bagi siswa atau pembacanya.
PBSI0911145 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain