r tabel (0,624 > 0,254). Sehingga "Ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan peningkatan prestasi UAS peserta didik kelas VIII sekolah SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Saran dari penelitian ini kepada guru bimbingan dan konseling (BK) disekolah hendaknya mengontrol adanya tingkat kecemasan peserta didik supaya dapat meningkatkan prestasi UAS." />
Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DENGAN PRESTASI UAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
BAMBANG SUTEJO NPM. 1108501075, 2011. "Hubungan Antara Kecemasan Dengan Prestasi UAS Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Dibimbing oleh Dra. Sri Sumarsih, M.Pd selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Kecemasan, Prestasi UAS
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi UAS peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha : ada hubungan antara kecemasan dengan prestasi UAS peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2010/2011, Ho : tidak ada hubungan antara kecemasan dengan prestasi UAS peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 60 peserta didik. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan analisis data tingkat kecemasan pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase tingkat kecemasan yang diperoleh dalam kategori baik sebanyak 41 responden atau sebesar 68%, kategori cukup sebanyak 17 responden atau sebesar 28% dan kategori kurang sebanyak 2 responden atau sebesar 4%. Prestasi UAS pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase prestasi UAS yang diperoleh dalam kategori baik sebanyak 50 responden atau sebesar 83%, kategori cukup sebanyak 7 responden atau sebesar 12% dan kategori kurang sebanyak 3 responden atau sebesar 5%. Pembahasan hasil analisis diketahui r tabel pada tarap 0,05 N = 60 diperoleh sebesar 0,254 dari perhitungan r hitung > r tabel (0,624 > 0,254). Sehingga "Ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan peningkatan prestasi UAS peserta didik kelas VIII sekolah SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011".
Saran dari penelitian ini kepada guru bimbingan dan konseling (BK) disekolah hendaknya mengontrol adanya tingkat kecemasan peserta didik supaya dapat meningkatkan prestasi UAS.
BK0911148 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain