0,312, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif " ada pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pola Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 Hasil analisis ditemukan data, kriteria sangat rendah 1 siswa (2,5%), rendah terdapat 4 siswa (10%), sedang terdapat 3 siswa 7,5%, cukup terdapat 4 siswa 10%, tinggi 7,5%, tinggi terdapat 3 siswa sebesar 7,5%, dan sangat tinggi terdapat 4 siswa sebesar 62,5%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 62,5% yang terletak pada interval 129-134 dalam kategori sangat baik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah sangat tinggi. Sedang pola penyesuaian diri adalah diperoleh kriteria sangat buruk terdapat 2 siswa (5%), buruk 0%, sedang terdapat 2 siswa (2,5%), cukup terdapat 2 siswa (5%), baik terdapat 15 siswa 37,5%, sangat baik terdapat 20 siswa (50%). Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 50% yang terletak pada interval 120-130 dalam kategori sangat tinggi. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pemberian pola penyesuaian diri pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah sangat baik Disarankan pada sekolah sebagai masukan dalam pengambilan keputusan terutama dalam pemberian pelayanan terhadap siswa yang meiliki masalah penyesuaian diri yang kurang baik menjadi baik perlu pengawasan yang benar dan baik, sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anak." />
Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP POLA PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANJARHARDJO KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
YANTI 2011. Skripsi berjudul "Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pola Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011",, Pembimbing I Dr Sitti Hartinah DS MM. Pembimbing II Drs Sukoco, KW, M.Pd.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Pola Penyesuaian Diri
Pola penyesuaian diri siswa di sekolah dalam berbagai aspek kehidupan dituntut memiliki kecerdasan emosi, tidak setiap siswa dapat melakukannya. Permasalahan adalah: Apakah ada pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pola Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011", Tujuannya adalah mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pola Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011",
Populasi seluruh siswa SMP yang berjumlah 201 orang. Pengmabilan sampel dengan teknik purposive random sampling berjumlah 40 orang Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas kecerdasan emosi dan variabel terikat adalah pola penyesuaian diri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus analisis data korelasi product moment
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung 0,639 Nilai hitung tersebut dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 40 dengan taraf signifikan 95 % (? = 5 %) dimana diperoleh rtabel sebesar 0,312, maka rhitung = 0,639 > 0,312, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif " ada pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pola Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Hasil analisis ditemukan data, kriteria sangat rendah 1 siswa (2,5%), rendah terdapat 4 siswa (10%), sedang terdapat 3 siswa 7,5%, cukup terdapat 4 siswa 10%, tinggi 7,5%, tinggi terdapat 3 siswa sebesar 7,5%, dan sangat tinggi terdapat 4 siswa sebesar 62,5%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 62,5% yang terletak pada interval 129-134 dalam kategori sangat baik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah sangat tinggi. Sedang pola penyesuaian diri adalah diperoleh kriteria sangat buruk terdapat 2 siswa (5%), buruk 0%, sedang terdapat 2 siswa (2,5%), cukup terdapat 2 siswa (5%), baik terdapat 15 siswa 37,5%, sangat baik terdapat 20 siswa (50%). Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 50% yang terletak pada interval 120-130 dalam kategori sangat tinggi. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pemberian pola penyesuaian diri pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah sangat baik Disarankan pada sekolah sebagai masukan dalam pengambilan keputusan terutama dalam pemberian pelayanan terhadap siswa yang meiliki masalah penyesuaian diri yang kurang baik menjadi baik perlu pengawasan yang benar dan baik, sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anak.
BK0911170 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain