Skripsi
UNSUR PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEL0POR KARYA SUGENG DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP
ABSTRAK
ERNA WIYATI. NPM. 1507500744 Skripsi. Unsur Pendidikan Dalam Novel Sang Pelopor Karya Sugeng. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Unsur Pendidikan, Novel
Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian adalah 1) Bagaimana unsur pendidikan yang terkadung dalam novel Sang Pelopor karya Sugeng? ; 2) Bagaimana pembelajaran unsur pendidikan pada novel Sang Pelopor karya Sugeng? Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan :1) Mendeskripsikan unsur pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pelopor karya Sugeng ; 2) Mendeskripsikan pembelajaran novel Sang Pelopor karya Sugeng dalam aspek pembelajaran.
Sasaran penelitian ini adalah berupa novel Sang Pelopor karya Sugeng. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Pembahasan hasil penelitian ini meliputi: unsur pendidikan yang meliputi (1) unsur Budaya, yaitu unsur yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. (2) unsur sosial, yaitu pada saat warga desa Nengahan yang secara bergotong royong membuat sumur, dan ketika saat panen padi, anak-anak Madrasah Kampung Sawah membantu para petani panen karena lokasi persawahan dekat dengan sekolah mereka. (3) unsur Moral, terlihat pada karakter Pa Hadi yang baik dan selalu berpesan kepada anak didiknya untuk selalu rajin menabung, dan Ali yang rajin membantu ibunya berjualan arem-arem tanpa mengeluh. (4) unsur agama, yaitu Ali dan teman-temannya yang selalu tidak pernah telat dalam menjalankan sholat lima waktu. Unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sang Pelopor, meliputi: alur, tema, latar, suasana, perwatakan, warna setempat, tendens, sudut pandang, dan gaya bahasa.
Manfaat hasil penelitian ini dapat memberi informasi kepada pembaca bahwa perilaku seseorang bisa dijadikan sebagai contoh bahan pembelajaran sastra kepada siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel Sang Pelopor karya Sugeng dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di SMP,hal tersebut karena isi yang terkandung dalam novel tersebut ada yang positif, disamping itu juga ada yang bersifat negatif. Sifat-sifat positif itulah yang dapat dijadikan contoh karena nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat dan dapat dijadikan suri tauladan bagi siswa atau pembacanya.
PBSI0911152 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain