Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGA
ABSTRAK
PUJININGSIH, WAHYU. NPM 1507500834.2011. "Keefektifan Metode Presentasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Proposal Kelas XI IPS SMA Negeri 01 Dukuhwaru Kecamatan Tegal". Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : Keefektifan metode presentasi, menulis proposal.
Penelitian ini merupakan penelitian bahasa. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 01 Dukuhwaru Tegal. Adapun objeknya adalah keefektifan metode presentasi pada keterampilan menulis proposal siswa kelas XI IPS SMA Negeri 01 Dukuhwaru Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode presentasi yang digunakkan dalam menulis proposal siswa SMA Dukuhwaru.
Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel dan dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 01 Dukuhwaru Tegal. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat kuantitatif yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik uji t. Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes hasil belajar. Metode analisis data dengan rumus uji t non-Independen untuk menguji kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan rumus uji t Independen untuk menguji hasil dari kedua metode tersebut pada pos-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hitungan analisis dengan uji t non-Independen tersebut di atas diketahui bahwa harga t hitung 1.70, sedangkan t tabel 3.414 pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan derajat kebebasan 29. Hal ini berarti bahwa metode presentasi pada pembelajaran menulis proposal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 01 Dukuhwaru Tegal.
Metode Presentasi yang diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis proposal pada siswa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Bukti keefektifan tersebut yaitu ketika hasil pos-tes diuji dengan rumus uji t Independen, diketahui bahwa harga t hitung 3.357, sedangkan t tabel 1.68 pada taraf signifikansi 5 % (0,05) dengan derajat kebebasan 58. Hal ini berarti bahwa pembelajaran proposal dengan metode presentasi sangat efektif.
PBSI0911153 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain