Skripsi
PENGARUH POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
KHOLIFAH, 2011. NPM : 1107500673, Judul Skripsi Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Drs. Soebianto, M.Pd, Pembimbing II : Drs. Sukoco, KW, M.Pd.
Kata Kunci : Pola Komunikasi Orang Tua dan Kedisiplinan
Pola komunikasi orang tua sangat berpengaruh dalam kedisiplinan peserta didik, orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama, jadi perlakuan orang tua yang salah dalam menyampaikan pesan terhadap anak dapat berdampak negarif pada tingkat kedisiplinan anak. Sehingga sikap yang timbul dari anak adalah anak tidak bisa mengatur waktunya dan tidak disiplin. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X Sekolah Mengah Kejuruan PGRI Kota Tegal, yang berjumlah 240 peserta didik, sampel 15% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 36 peserta didik. Variabel penelitian adalah pola komunikasi orang tua (Variabel Bebas) sebagai variabel penyebab, dan kedisiplinan (Variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,989 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 36 peserta didik diperoleh r tabel sebesar 0,329, maka dapat disimpulkan rxy > r tabel artinya ada pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pada variabel pola komunikasi orang tua dalam kategori sangat rendah 1 peserta didik (2,7%), kategori rendah 2 peserta didik (5,5%), kategori cukup 12 peserta didik (33,3%), dan kategori tinggi 21 peserta didik (58,3%). Sehingga pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap anak dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel kedisiplinan kategori rendah 2 peserta didik (5,5%), kategori cukup 11 peserta didik (30,5%) dan kategori tinggi 23 peserta didik (63,8%). Jadi kedisiplinan peserta didik dalam kategori tinggi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran bagi peserta didik adalah diharapkan mampu untuk merespon dengan baik teknik pola komunikasi orang tua, bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pola komunikasi yang baik, sehingga anak dapat membentuk kedisiplinannya sendiri dengan baik, bagi guru pembimbing mampu meningkatkan hubungan yang baik antara guru dengan orang tua, guru dengan peserta didik sehingga dapat digunakan sebagai acuan layanan bimbingan konseling di sekolah.
BK0911152 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain