Skripsi
P E N G A R U H K E C E R D A S A N E M O S I O N A L TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011)
ABSTRAK
Farhi, Mohamad. 2011, 'Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)'. Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si., Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika, khususnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Hipotesis pada penelitian ini adalah: kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 310 siswa dan terbagi dalam delapan kelas. Sampel penelitian diambil secara random sampling. Siswa yang diambil sebagai sampel berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tes kecerdasan emosional. Data prestasi belajar siswa diambil melalui dokumentasi pada guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi dan uji t.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
MIPA0911136 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain