Skripsi
STUDI KOMPARASI TERHADAP PERSEPSI SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK YANG DITINGGAL MERANTAU ORANG TUANYA DI SDN PESAREAN 01 KEC. PAGERBARANG KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
WIDAGDO. 2011. NPM. 1108501066, Studi Komparasi Terhadap Persepsi Siswa Pada Layanan Bimbingan Belajar Anak yang Ditinggal Merantau Orang tuanya di SDN Pesarean 01 Kec Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 Skripsi. FKIP. UPS Tegal. Pembimbing I Dr. Dino Rozano, M.Pd. Pembimbing II Suriswo, S.,Pd. M.Pd.
Kata Kunci: . Layanan bimbingan belajar, persepsi, merantau
Salah satu peran orang tua dalam memotivasi anak untuk giat belajar dan mau mengikuti segala bentuk layanan bimbingan belajar yang diselenggarakan di sekolahnya. Orang tua juga berperan untuk memberikan kontrol, pengawasan dan pengarahan serta pendampingan anak dalam belajar, sehingga anak diharapkan memiliki persepsi yang positif terhadap layanan bimbingan belajar yang diberikan guru kelasnya di sekolah. Namun tidak semua orang tua tinggal bersama anak-anaknya, karena kesibukannya mereka harus berpisah untuk mencari nafkah di luar kota. Sejalan dengan hal tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah pelaksanaan bagaimanakah persepsi siswa terhadap layanan bimbingan belajar di SD Negeri Pesarean 01 Kec Pagerbarang Kab. Tegal? Bagaimana perbedaan persepsi siswa antara yang ditinggal merantau kedua orang tuanya dengan yang ditinggal merantau salah satu orang tuanya terhadap layanan bimbingan belajar di SD Negeri Pesarean 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal?
Subyek penelitian ini sebanyak 32 peserta didik, sedangkan metode pengumpul data adalah angket,observasi,dan dokumentasi, analisis data dengan menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai uji t hasil perhitungan secara manual adalah 6,02 nilai t dari tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 32-2 = 30 adalah 2.04. Bisa dilihat dan dibandingkan bahwa nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel, sehingga bisa disimpulkan bahwa hipotesis Nihil yang berbunyi : Ada perbedaan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar siswa yang ditinggal merantau orang tuanya di SDN Pesarean 01 Kec Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 diterima. dan hipotesis Nihil (Ho) Ada perbedaan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar siswa yang ditinggal merantau orang tuanya di SDN Pesarean 01 Kec Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 ditolak.
Simpulan ada perbedaan persepsi peserta didik terhadap layanan bimbingan belajar di sekolah yaitu anak yang salah orang tuanya merantau persepsinya lebih positif dari pada anak yang kedua orang tuanya merantau memiliki persepsi kurang positif terhadap bimbingan belajar.
Saran diharapkan peserta didik yang ditinggal merantau orang tuanya selalu berpikir positif dan lebih giat lagi terhadap layanan bimbingan belajar di sekolah. Dan bagi guru agar bisa berperan aktif dalam menumbuhkan persepsi positif pada peserta didik terhadap layanan bimbingan belajar.
BK0911153 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain