ttabel = 2,891 taraf signifikansi sebesar 99% (atau ?=1%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, yang berarti bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Penulis menyarankan agar siswa menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan intensitas kunjungan ke perpustakaan sekolah sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat. Kata kunci : Pemanfaatan perpustakaan sekolah , prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS" />
Skripsi
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BANGUN GALIH 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
IRMA RATIH IKA PRATIWI. 2011. "Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011", Skripsi Pendidikan Ekonomi. Dr.Yayat Hidayat Amir, M.Pd., Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Upaya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS sangat erat kaitannya dengan keberadaan perpustakaan di sekolah. Perhatian terhadap keberadaan perpustakaan sekolah sering diabaikan oleh banyak siswa. Padahal keberadaan perpustakaan sekolah sangat strategis dalam upaya peningkatan prestasi belajar dengan bertambahnya wawasan tentang pelajaran tersebut. Dalam konteks itulah diyakini bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah yang baik akan mempengaruhi hasil belajar atau prestasi anak didik. Dari pemikiran tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bangun Galih 02 Kab.Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kabupaten Tegal sebanyak 37 siswa, sampel diambil dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 37 siswa. Data pemanfaatan perpustakaan sekolah diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh persamaan regresi : Y=42,083 + 0,651 X. Uji regresi diperoleh ttabel = t(?/2;n-2) = t(0,005;37) = 2,891 Taraf signifikansi sebesar 99% (atau ?=1%) berarti pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Uji t untuk variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah diperoleh thitung = 5,761 > ttabel = 2,891 taraf signifikansi sebesar 99% (atau ?=1%).
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, yang berarti bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Penulis menyarankan agar siswa menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan intensitas kunjungan ke perpustakaan sekolah sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat.
Kata kunci : Pemanfaatan perpustakaan sekolah , prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
PE0911123 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain