Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
FERY SANTOSO. 2011. Efektivitas Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Pendidikan Ekonomi. Dr. H . Basukiyatno, M.Pd. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr. M.M. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Konstruktivisme, Hasil Belajar Ekonomi
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Ekonomi materi kebijakan ekonomi pemerintah dengan menerapkan pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan pengembangan berfikir peserta didik dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi kebijakan ekonomi pemerintah yang diajar dengan pembelajaran konstruktivisme lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel 80 siswa dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol.
Setelah kelas eksperimen diberi pembelajaran Ekonomi dengan pembelajaran konstruktivisme dan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan konvensional, kedua kelas diberi tes kemampuan pemecahan masalah sub pokok bahasan tentang Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro. Dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah tersebut kemudian dilakukan analisis tahap akhir. Berdasarkan uji t untuk menentukan nilai rata-rata diperloleh rata-rata t =2,8549. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen = 7,075 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol = 6,55. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat dikatakan bahwa pembelajaran Ekonomi dengan pembelajaran konstruktivisme lebih efektif.
Saran di dalam pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar ekonomi sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan konstruktivisme, karena baik dikaji lebih efektif. Siswa dapat berfikir dengan pengembangan, gagasan dan ide dari diri siswa sendiri.
PE0911125 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain