t tabel (10>1,70 dan 5,58 > 1,70). Hal ini menunjukkan keefektifan media power point pada siswa pada waktu pretes dan postes. Dalam perhitungan untuk membandingkan kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji t- Independen, t hitung > t tabel (1,91 > 1,70), maka hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis kerja (Hk) diterima. Jadi, metode power point dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa dengan metode ekstemporan.Perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran pidato dengan metode power point. Siswa lebih tenang dalam mengikuti pembelajaran, suasana belajar kondusif, motivasi belajar siswa tinggi, waktu belajar digunakan secara efektif, dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN PIDATO METODE EKSTEMPORAN PADA SISWA KELAS XI SMK 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
RATNASARI, DIANA. "Keefektifan Media Power Point dalam Pembelajaran Pidato Metode Ekstemporan pada Siswa Kelas XI SMK 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011" Skripsi. Program Studi Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci: media, power point, pidato.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah keefektifan media power point dalam pembelajaran pidato metode ekstemporan pada siswa kelas XI SMK 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010 / 2011?, (2) Apakah ada perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui keefektifan media power point dalam pembelajaran pidato metode ekstemporan pada siswa kelas XI SMK 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010 / 2011 (2) mengetahui perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran?
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010 / 2011 sebanyak 80 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik, dengan rumus uji t-nonindependen. dan uji t independent. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas penerapan media power point dan variabel terikatnya yaitu keterampilan berpidato siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data uji tes secara nonindependen antara nilai pretes dan postes di kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t hitung > t tabel (10>1,70 dan 5,58 > 1,70). Hal ini menunjukkan keefektifan media power point pada siswa pada waktu pretes dan postes. Dalam perhitungan untuk membandingkan kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji t- Independen, t hitung > t tabel (1,91 > 1,70), maka hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis kerja (Hk) diterima. Jadi, metode power point dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa dengan metode ekstemporan.Perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran pidato dengan metode power point. Siswa lebih tenang dalam mengikuti pembelajaran, suasana belajar kondusif, motivasi belajar siswa tinggi, waktu belajar digunakan secara efektif, dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat.
PBSI0911162 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain