Skripsi
PENOKOHAN DALAM NOVEL LEMBAR BIRU GURU SERUNI KARYA KUSMARWANTI M. IDHAM SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH KABUPATEN PEMALANG
ABSTRAK
CAHYO ADI SUBEKTI. 2011. "Penokohan dalam novel Lembar Biru Guru Seruni karya Kusmarwanti M. Idham Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMP Islam Al Khoiriyah Kabupaten Pemalang". Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dra. Sri Mulyati, M.Pd. M. Sulaiman, SS., M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penokohan, Novel dan Bahan Ajar.
Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah penokohan dalam novel Lembar Biru Guru Seruni Karya Kusmaewanti M.Idham. Bagaimanakah implikasi novel Lembar Biru Guru Seruni bagi pembelajaran sastra di SMP Islam Al khoiryah. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penokohan dalam novel Lembar Biru Guru Seruni karya Kusmarwanti M. Idham dan untuk mengetahui sumbangan atau implikasi novel Lembar Biru Guru Seruni karya Kusmarwanti M.Idham pada pembelajaran sastra di SMP Islam Al khoiriyah.
Sasaran penelitian ini adalah novel Lembar Biru Guru Seruni. Adapun metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dengan cermat dan pencatatan. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menunjukkan data atau kutipan kalimat atau paragraf yang mengandung unsusr intrinsik (penokohan) dalam novel Lembar Biru Guru Seruni karya Kusmarwanti M. Idham.
Pembahasan hasil penelitian bahwa sikap, sifat dan watak yang berhubungan dengan penokohan dan ditunjukkan oleh tokoh utama dan tokoh tambahan, tokoh protagonist dan tokoh antagonis, tokoh sederhana dan tokoh bulat, tokoh statis dan tokoh berkembang, serta tokoh tipikal dan tokoh netral.
Hasil penelitian ini dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP Islam Al Khoiriyah adalah a. Menambah wawasan atau masukan bagi para peminat sastra khususnya para pelajar di SMP Islam Al Khoiriyah. Wawasan tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa nilai-nilai dalam ini dapat kita ambil atau contoh dalam pembelajaran sastra di sekolah atau dalam kehidupan sehari-hari. b. sebagai bahan pertimbangan untuk memilih dan menentukan karya sastra yang bermutu, yang layak diajarkan di SMP Islam Al Khoiriyah dan sekolah lainnya. Dengan membaca novel tersebut, .para pengajar dapat mengajak siswa untuk berfikir dewasa dan dapat menentukan sikap yang baik.
Saran yang perlu dikemukakan bahwa hasil penelitian dan pembahasan ini hendaknya dapat dimanfaatkan lebih lanjut demi perkembangan karya sastra. Pada umumnya novel, dan pada khususnya novel Lembar Biru Biru Guru Seruni karya Kusmarwanti M. Idham adalah novel yang menarik dengan gaya pengungkapan yang lugas dan hidup. Kreatifitas dan ide-ide yang baru sangat diharapkan bagi penulis dan peneliti yang ingin menganalisis novel ataupun karya sastra lainnya.
PBSI0911164 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain