ttabel atau 21,4> 2,04 yang berarti pembelajaran dengan menggunakan metode refleksi (reflection) dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi sangat efektif. Dengan kata lain Ho yang berbunyi "tidak adanya keefektifan metode refleksi (reflection) dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi" ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Tarub Tegal yang diajarkan pada saat menggunakan metode refleksi memperoleh menulis paragraf deskripsi lebih baik daripada saat siswa diajarkan tanpa menggunakan metode refleksi." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE REFLEKSI (REFLECTION) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Irmaningsih, Yesy. 2011. "Keefektifan Metode Refleksi (Reflection) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tarub Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : keefektifan, metode refleksi, paragraf deskripsi
Pembelajaran menulis paragraf deskripsi akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan bila menggunakan metode pembelajaran. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan metode-metode pembelajaran yang di antaranya adalah dengan menggunakan metode refleksi..
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa saat diajarkan dengan menggunakan metode refleksi dan saat diajarkan tanpa menggunakan metode refleksi.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode refleksi akan memperoleh prestasi penguasaan menulis paragraf deskripsi lebih baik daripada saat siswa diajarkan tanpa menggunakan metode refleksi.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Kecamatan Tarub, Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah popolasi 320 siswa. Dari 320 siswa diambil sampel secara kluster random sampling sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes menulis paragraf deskripsi yang dilakukan pada sampel penelitian.
Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t non-independen. Berdasarkan hasil analisis thitung 21,4 dimana ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan harga ttabel 2,04. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 21,4> 2,04 yang berarti pembelajaran dengan menggunakan metode refleksi (reflection) dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi sangat efektif. Dengan kata lain Ho yang berbunyi "tidak adanya keefektifan metode refleksi (reflection) dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi" ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Tarub Tegal yang diajarkan pada saat menggunakan metode refleksi memperoleh menulis paragraf deskripsi lebih baik daripada saat siswa diajarkan tanpa menggunakan metode refleksi.
PBSI0911165 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain