Skripsi
PEMBERIAN MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF MELALUI BIDANG LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
YULIANTO, KIKI. 1107500620. 2011. Pemberian Motivasi dan Pembelajaran yang Efektif Melalui Bidang Layanan Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco KW, M. Pd, Drs. Sugiyanto HN, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Motivasi dan Pembelajaran yang Efektif, Bimbingan Kelompok
Yang melatar belakangi penelitian ini adalah pemahaman bahwa pemberikan motivasi belajar yang kurang dapat menyebabkan pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga memunculkan suatu masalah pada peserta didik yang mengalami kesulitan atau hambatan dalam belajar, dan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang efektif perlu diberikan layanan melalui bimbingan kelompok untuk membantu peserta didik mengatasi kesulitan memotivasi diri dalam belajar pada peserta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pemberian motivasi dan pembelajaran yang efektif pada peserta didik 2) Pelaksanaan bimbingan kelompok 3) Pengaruh antara pemberian motivasi dan pembelajaran yang efektif melalui bidang layanan bimbingan kelompok.
Penulis juga membahas beberapa landasan teori tentang pemberian motivasi dan pembelajaran yang efektif melalui bidang layanan bimbingan kelompok. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 4 Tegal sejumlah 240 peserta didik dari 7 kelas, dengan menggunakan teknik cluster random sampling Diambil sampel sejumlah 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif prosentase dan korelasi pearson product memoment. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat pelaksanaan bimbingan kelompok "Sangat Baik" (62,5%), tingkat pemberian motivasi dan pembelajaran yang efektif adalah "Sangat Tinggi" (55%). Dan Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian motivasi dan pembelajaran yang efektif melaui bidang layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas VIII SMP N 4 Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Penulis mengajukan saran diharapkan kepala sekolah, guru, orang tua peserta didik, dan juga peserta didik untuk dapat mempertahankan motivasi dan pembelajaran yang efektif yang sudah mencapai criteria sangat tinggi dan guru pembimbing juga hendaknya dapat mempertahankan pelaksanaan bimbingan kelompok yang sudah mencapai kriteria sangat baik di sekolah.
BK0911154 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain