0,632, sehingga dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi Tidak ada pengaruh yang positif dalam efektivitas peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, ditolak dan menerima hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Ada pengaruh yang positif dalam efektivitas peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, sehingga siswa dapat menumbuhkan kedisiplinan dalam belajar pada dirinya, guru pembimbing selalu menerapkan dan mengaktifkan layanan bimbingan kelompok pada siswanya dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa." />
Skripsi
EFEKTIFITAS PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
FAIZAL, DENIS AGUS. 2011. NPM 1107500588, Judul Skripsi "Efektifitas Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011". Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar Siswa, Bimbingan Kelompok.
¬¬
Permasalahan yang banyak dijumpai dalam ketidakdisiplinan belajar siswa adalah siswa yang sering datang terlambat, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, tidak mengikuti jam pelajaran tertentu, dan nilai-nilai hasil belajar menurun karena tidak dapat mencapai standar kriteria ketuntasan minimum mata pelajaran tersebut. Kedisiplinan belajar siswa adalah kunci keberhasilan dalam belajar. Agar siswa disiplin dalam belajar banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok, bimbingan kelompok adalah bantuan yang diberikan pada siswa secara berkelompok. Bimbingan yang dilaksanakan secara kelompok lebih efisien dari pada secara individual, lebih-lebih bagi mata pelajaran yang membutuhkan kerja kelompok. Selain efisien, bimbingan secara kelompok akan membantu proses perkembangan siswa. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dalam efektivitas peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami masalah kedisiplinan belajar siswa, berdasarkan data dari guru BK di sekolah adalah sejumlah 10 siswa yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini karena jumlah populasi sedikit maka sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan terikat. pada penelitian ini yang mejadi variabel bebas adalah layanan bimbingan kelompok sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah kedisiplinan belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus analisis data PPM (Pearson Product Moment).
Dari hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,651 dengan jumlah responden (N) = 10, taraf signifikan 5 % = 0,632 ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,651 > 0,632, sehingga dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi Tidak ada pengaruh yang positif dalam efektivitas peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, ditolak dan menerima hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Ada pengaruh yang positif dalam efektivitas peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Saran yang direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, sehingga siswa dapat menumbuhkan kedisiplinan dalam belajar pada dirinya, guru pembimbing selalu menerapkan dan mengaktifkan layanan bimbingan kelompok pada siswanya dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
BK0911156 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain