Skripsi
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL DISKUSI SYNDICATE GROUP PADA SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MUJI PANGESTUTI. 2011. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Model Diskusi Syndicate Group Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj.Faridah, M.Si. Dra. Dewi Apriani Fr., M.M. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Laporan Keuangan, Model Diskusi Syndicate Group
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Model diskusi Syndicate Group merupakan model yang efektif dalam pembelajaran akuntansi. Keefektifan model ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah ada peningkatan hasil belajar akuntansi materi laporan keuangan dengan model diskusi Syndicate Group pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi materi laporan keuangan dengan model diskusi Syndicate Group pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 110 siswa. Dari 110 siswa tersebut diambil sampel sebanyak 36 siswa. Variabel yang dikaji yaitu : model diskusi Syndicate Group (x) dan hasil belajar akuntansi materi laporan keuangan (y). Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal, dan daya pembeda.
Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 58,56 (36,11%) menjadi 66,48 (66,67%), ketuntasan hasil belajar psikomotorik dan afektif 63,9% pada siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 70,37 (86,11%) dan ketuntasan hasil belajar psikomotorik dan afektif 80,6%.
Dapat disimpulkan bahwa model diskusi Syndicate Group dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi materi laporan keuangan pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru dan siswa. Para guru diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa agar memperoleh hasil yang meningkat.
PE0911126 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain