Skripsi
NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PETARUKAN KELAS VIII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
DANY EKO SAPUTRO. 2011. Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP Muhammadiyah 4 Petarukan Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2010 - 2011. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra.Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II Muhammad Sulaiman, S.S.,M.Hum.
Kata Kunci : Novel, Bahan Ajar.
Novel ialah salah satu jenis karya sastra yang bersifat fiksi yang mengungkapkan kehidupan para tokohnya dengan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Novel yang baik terbangun atas unsur intrinsik dan ekstrinsik serta nilai pendidikan. Unsur intrinsik dan nilai pendidikan tersebut juga terkandung dalam Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata yang dapat dilihat dari keseluruhan isi dan dialog para tokohnya. Dengan mencermati tema, para tokoh dan watak, latar, alur, sudut pandang, dan gaya bahasa yang terdapat dalam novel ini sehingga mampu menjadi alternatif bahan ajar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta nilai pendidikan Islam yang mampu mempengaruhi peserta didik agar mampu mengembangkan sikap Islami.Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji novel tersebut sebagai objek penelitian.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur intrinsik novel Sang Pemimpi dilihat dari segi disiplin ilmu sastra, serta menilai apakah novel ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra sesuai dengan syarat bahan ajar dan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VIII SMP.
Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti dan mendeskripsikan unsur intrinsik serta nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dari segi disiplin ilmu sastra serta menilai apakah novel ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMP.
Sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif, sedangkan unsur yang diteliti adalah unsur intrinsik novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata serta nilai pendidikan Islam yang di dalamnya kemudian dikaitkan dengan syarat bahan ajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata layak dijadikan sebagai alternarif bahan ajar karena memenuhi prinsip bahan ajar dan di dalamnya terkandung unsur intrinsik dan ekstrinsik serta nilai pendidikan Islam yang meliputi akidah, akhlak, dan ibadah.
Mengingat belum maksimal mengungkap kemungkinan bahan ajar apresiasi sastra di SMP dan belum dibahasnya metode pengajarannya, dalam penelitian ini kami sarankan perlu adanya penelitian lanjutan, sehingga benar-benar dapat menambah khasanah penelitian dari sastra khususnya novel.
PBSI0911174 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain