Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 19 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MAYASARI, DIAN. 2011. "Keefektifan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. dan Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Drama, Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan
Pembelajaran keterampilan menulis teks drama dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang di antaranya menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011 dengan menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan? (2) Bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual komponen pemodelan dalam pembelajaran menulis teks drama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011? (3) Apakah pendekatan kontekstual komponen pemodelan efektif dalam pembelajaran menulis teks drama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011?. Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) peserta didik yang diajar dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan , (2) kelompok II, (kelompok kontrol) yaitu peserta didik yang diajar dengan tanpa pendekatan kontekstual komponen pemodelan sebanyak 38 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat teks drama. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 8,38 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,03 dengan t tabel 1,70. Jadi, pengajaran menulis teks drama dengan pemodelan dan tanpa pemodelan sama-sama efektif, tetapi lebih efektif dengan pemodelan karena : (1) pemodelan adalah salah satu teknik pembelajaran menghadirkan contoh (model) nyata sebagai acuan yang benar dalam proses belajar mengajar supaya peserta didik dapat belajar dengan mudah dengan hasil yang baik, (2) pemodelan dapat membantu peserta didik untuk memudahkan memahami pengertian drama, jenis-jenis drama dan kalimat yang baik dan benar dalam membuat teks drama.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan teknik pemodelan dalam pengajaran menulis teks drama dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
PBSI0911175 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain