Skripsi
HUBUNGAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII SMP PGRI KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
ABSTRAK
ARI SUSIANTI. 2011. Hubungan Aktivitas Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dr Yayat Hidayat Amir, M.Pd. Dra. Faridah, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Aktivitas belajar siswa, Prestasi belajar
Aktivitas siswa dalam belajar merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPS Ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 121 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 39 siswa yaitu pada kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil analisis data menunjukan bahwa diperoleh nilai r xy = 0,430 dengan N = 39 dan ? = 5% diperoleh r tabel = 0,316 sehingga sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis kerja (Ha) jika r hitung > r tabel, dalam perhitungan di atas diketahui r hitung > r tabel (0,430 > 0,316). ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelasa VIII SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis penelitian ini (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat korelasi antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat diterima dan (Ho) yang menyatakan tidak terdapat korelasi antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat ditolak.
Saran dalam peelitian ini adalah sebaiknya guru ataupun orang tua menciptakan aktivitas belajar yang kondusif di sekolah maupun di rumah sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan prestasi belajar siswa akan meningkat apabila aktivitas belajar siswa juga meningkat.
PE0911127 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain