ttabel). Dari hasil perhitungan juga diketahui nilai sig = 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak berarti terdapat hubungan yang signifikan antara biaya personal selling dengan volume penjualan. Dari hasil perhitungan diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,312. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,312 tersebut mengandung arti bahwa bahwa biaya personal selling memberikan kontribusi kepada volume penjualan sebesar 31,2 % dan sisanya 68,8 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan." />
Skripsi
PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. PLAMBOPRATAMA JOYOSANTOSO
ABSTRAK
Achmad Rohaniawan. "Pengaruh Biaya Personal Selling terhadap Volume Penjualan pada PT. Plambopratama Joyosantoso". Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya personal selling terhadap volume penjualan pada PT. Plambopratama Joyosantoso.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier, uji ?, analisis koefisien korelasi, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 206.120.905,480 + 1,442 X. Dari persamaan tersebut diperoleh besarnya koefisien regresi variabel biaya personal selling sebesar 1,442 artinya jika terdapat peningkatan biaya personal selling sebesar Rp. 1,- maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 1,442. Dengan diperolehnya tanda positif dari koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel biaya personal selling konsisten dengan model regresi / fungsi yang disusun, artinya setiap peningkatan biaya personal selling, akan diikuti oleh peningkatan volume penjualan. Nilai a (konstanta) sebesar Rp. 206.120.905,480 dapat diartikan bahwa jika tidak ada biaya personal selling maka volume penjualan sebesar nilai konstanta. Dari hasil perhitungan didapat nilai standardized coefficient beta sebesar 0,559, dengan probabilitas nilai sig sebesar 0,000. Nilai sig 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya personal selling terhadap volume penjualan di PT. Plambo Pratama Joyo Santoso. Nilai standardized coefficients beta sebesar 0,559 berarti biaya personal selling mempunyai pengaruh yang signifikasi sebesar 55,9 %. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi nilai (r) sebesar 0,559 Artinya terdapat hubungan yang sedang antara biaya personal selling dengan volume penjualan di PT. Plambo Pratama Joyo Santoso. Sifat hubungannya adalah positif sedang. Dikatakan hubungannya sedang, karena nilai 0,559 berada pada nilai interpretasi 0,400 - 0,599 dengan kategori tingkat hubungan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan "Terdapat hubungan antara biaya personal selling dengan volume penjualan di PT. Plambo Pratama Joyo Santoso dapat diterima".Dari hasil perhitungan ternyata diperoleh thitung = 3,930, sedangkan ttabel dengan level of significance (?) = 5% dan derajat kebebasan (df) = 36 - 2 atau (36 - 2) = 34 menunjukkan t tabel = 2,03, sehingga di dapat (thitung > ttabel). Dari hasil perhitungan juga diketahui nilai sig = 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak berarti terdapat hubungan yang signifikan antara biaya personal selling dengan volume penjualan. Dari hasil perhitungan diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,312. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,312 tersebut mengandung arti bahwa bahwa biaya personal selling memberikan kontribusi kepada volume penjualan sebesar 31,2 % dan sisanya 68,8 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
MNJ0911110 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain