Skripsi
PENGARUH SITUASI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN STRUKTUR KALIMAT BERPEWATAS VERBA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 04 WANASARI BREBES
ABSTRAK
Gurmito, Amtoni : NPM : 1509501350 Pengaruh Situasi Belajar Mengajar terhadap Hasil Pembelajaran Struktur Kalimat Berpewatas pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Pembimbing I. Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II, Sutji Muljani, M.Hum.
Kata kunci : Pengaruh Situasi Belajar Mengajar terhadap Hasil Pembelajaran Struktur Kalimat Berpewatas.
Berdasarkan judul Skripsi diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Ada kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dan situasi belajar mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar struktur kalimat berpawatas pada siswa SMPN 04 Wanasari Brebes dengan probabilitas 0.01 > 0.05. hal ini bisa dilihat berdasarkan dari hasil analisis r hitung lebih besar daripada r table, yaitu 0.962 > 0.312 ( ts 5 % ) dan 0.962 > 0.403.
Hasil analisis menunjukkan nilai rxy adalah 0.902 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen ( motivasi belajar dan situasi belajar di kelas ) dapat menerangkan variasi variabel dependen ( hasil belajar kalimat berpewatas ) dengan kontribusi 93 %, sedangkan sisanya 7 % diterangkan oleh variabel lain.
Dengan demikian situasi belajar mengajar berupa cara mengajar guru dan motivasi belajar siswa menjadi kunci keberhasilan mempelajari kalimat berpewatas. Kedua hal tersebut membawa implikasi terhadap tujuan akhir yang diinginkan yaitu hasil belajar yang optimal.
PBSI0911179 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain