Skripsi
STUDI DESKRIFTIF PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 02 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAK
JUANDA, 2010, STUDI DESKRIFTIF PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATAPELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 02 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2009/2010, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, 2010.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran IPS.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan metode pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 02 Banjarharjo.
Pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, observasi, dan komunikasi. Analisa data yang dipergunakan dalam penelitian adalah anlisis diskriptif.
Berdasar hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan pendekatan pembelajaran konteksual sangat bermanfaat bagi peningkatan hasil belajar yang diketahui dari perubahan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2009-2010.
Bagi sekolah disarankan untuk meningkatkan kualitas guru dan profesionalisme guru dengan mengadakan seminar dan pelatihan-pelatihan bagi guru serta melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.
PE0911128 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain