0,361) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tesebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar memberikan bimbingan kelompok siswa dimana semakin hari semakin tidak kondusif bimbingan kelompok sekolah dewasa ini. dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut." />
Skripsi
Pengaruh Efektivitas Belajar Peserta Didik terhadap Kecerdasan Melalui Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom Kabupaten Brebes Tahun 2010/2011"
ABSTRAK
M.AMRULLOH. 2011. "Pengaruh Efektivitas Belajar Peserta Didik terhadap Kecerdasan Melalui Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom Kabupaten Brebes Tahun 2010/2011" Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco, KW. M.Pd. dan Pembimbing II Drs Sugianto,HN.,M.Pd
.
Kata Kunci: efektivitas, kecerdasan, bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok merupakan lingkungan yang kondusif yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk menambah penerimaan diri dan orang lain, memberikan ide, perasaan, dukungan bantuan alternative pemecahan masalah dan megnambil keputusan yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah sudah efektif belajar terhadap kecerdasan peserta didik melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom ? (2) Bagainamakah kecerdasan peserta didik melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom (3) Bagaimanakah bimbingan kelompok yang ada pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom ?
Peneliti ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) (2) kelompok II, (kelompok kontrol) 30 sampel.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Songgom, Tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 250 perserta didik. Dari siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 250 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari dari 40 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 20 sebagai kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil perhitungan product moment diperoleh angka sebesar 0,923 lebih besar dari rtabel sebesar 0,361 (0,923 > 0,361) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tesebut.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar memberikan bimbingan kelompok siswa dimana semakin hari semakin tidak kondusif bimbingan kelompok sekolah dewasa ini. dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
BK0911167 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain