Skripsi
PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL PRAMESTHI TEGAL
ABSTRAK
RAGIL AMETA. "PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL PRAMESTHI TEGAL". Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pancasakti Tegal. Dibawah Pembimbing I Jaka Waskito, S.E.,M.Si Dan Pembimbing II Setiowati Subroto, S.E.,M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa pelayanan yang diberikan oleh Hotel Pramesthi terhadap kepuasan konsumen.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh antara kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Pramesthi Tegal.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan hotel Pramesthi Tegal. Penetapan responden secara random Sampling. Sedangkan ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus iterasi, diperoleh besarnya sampel 100 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Analisis data yang digunakan analisis korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS 17.0, uji validitas, uji reabilitas dan uji determinasi.
Hasil analisis data berdasarkan sampel yang dilakukan pada responden dari konsumen yang menggunakan jasa pelayanan di Hotel Pramesthi Tegal mempunyai pengaruh yang kuat positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai rs sebesar 0.666 dengan tingkat Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Yang artinya adalah terbukti hubungan korelasi rank sperman yang kuat positif, sehingga ada pengaruh antara kualitas jasa pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Hotel Pramesthi Tegal sesuai dengan hipotesis, maka dari perhitungan rs dengan tingkat Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 diperoleh signifikan karena tingkat Signifikan (0,000) < tingkat resiko kesalahan 5% (? = 0,005). Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas jasa pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Hotel Pramesthi Tegal. Dari hasil perhitungan menggunakan koefisien determinasi sebesar 44,4% yang artinya pengaruh kualitas jasa pelayanan dengan kepuasan konsumen adalah 44,4%, sedangkan 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
MBJ0911115 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain