t table, maka Ho ditolak dan Ha diterima, jika t hitung < t table maka Ho gagal ditolak dan Ha berhasil ditolak, taraf signifikan 5% . Hasil penelitian dari sampel yang berjumlah 32 siswa didapat 5 siswa dalam tingkat kategori sifat introvert sedang dengan persentase 15,625%, 22 siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 68,75%, dan 5 siswa yang memiliki sikap introvert sangat tinggi dengan persentase 15,625%. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat mengurangi sikap introvert siswa kelas XI SMK Budi Utomo Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara konseling kelompok terhadap sikap introvert peserta didik kelas XI SMK Budi Utomo Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini (1) perlu adanya bimbingan lanjutan dari para pembimbing maupun seluruh pihak di sekolah (2)siswa diharapkan memiliki perubahan sikap introvert serta menjadi pribadi yang mampu terbuka dan bias menyelesaikan masalah yang ada serta lebih bertanggung jawab." />