Ztabel (11,57 > 2,58). Sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang artinya terdapat hubugan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Manajemen obyek wisata Guci sebaiknya selalu melakukan survei atau penelitian kepada pengunjung obyek wisata Guci untuk melihat apakah pengunjung tersebut puas terhadap pelayanan yang diberikan obyek wisata Guci" />
Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL
ABSTRAK
Rosa Aji Priatmanto. "Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pengunjung di Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.". Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung di Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang mengunjungi obyek wisata Guci dalam satu minggu sejumlah 5.266 pengunjung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 526 responden yang merupakan 10 % bagian dari populasi pengunjung yang mengunjungi obyek wisata Guci dalam satu minggunya.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini metode kuesioner. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, dan uji hipotesis korelasi Rank Spearman.
Dari perhitungan menggunakan analisis Rank Spearman bahwa diperoleh hasil berupa angka Correlation Coefficient Rank Spearman (rs) sebesar 0,555. Dengan nilai rs sebesar 0,555, maka menurut tabel interprestasi nilai rs berarti korelasi sedang. Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Obyek Wisata Guci tersebut bersifat positif, artinya jika kualitas pelayanan (X) tinggi, maka kepuasan pengunjung (Y) tinggi. Sebaliknya jika kualitas pelayanan (X) rendah, maka kepuasan pengunjung (Y) rendah.
Dari hasil perhitungan diperoleh Zhitung sebesar 11,57. Nilai Zhitung tersebut kemudian dibandingkan dengan Ztabel, diperoleh Ztabel sebesar 2,58. Hal ini berarti Zhitung > Ztabel (11,57 > 2,58). Sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang artinya terdapat hubugan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.
Manajemen obyek wisata Guci sebaiknya selalu melakukan survei atau penelitian kepada pengunjung obyek wisata Guci untuk melihat apakah pengunjung tersebut puas terhadap pelayanan yang diberikan obyek wisata Guci
MNJ0911122 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain