t tabel yaitu 0,699 > 0,312 dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang diajukan bahwa "Ada Pengaruh Positif Dan Signifikan Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Emosi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011" dinyatakan diterima. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian adalah para guru bersama-sama guru BK sangat diharapkan menerapkan kegiatan bimbingan pribadi karena bimbingan pribadi berupakan salah satu factor yang dapat menurunkan emosi pada peserta didik. emosi peserta didik diberi arahan dan masukan untuk dapat menahan emosi. Sehingga emosi yang labil pada peserta didik akan menurun dan stabil." />
Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP TINGKAT EMOSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
ANNISA, MUSTIKASARI. 1107500754. Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Emosi Peserta Didik Kelas XI SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. 2011. Program Strata I. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tega. Pembimbing I, Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II, Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi dan Tingkat Emosi
Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pribadi, untuk mengetahui tingkat emosi, untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah "Ada pengaruh positif dan signifikan peran pribadi terhadap tingkat emosi peserta didik kelas XI di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 282 peserta didik di ambil sampel 10 % (sebanyak 30 peserta didik). Variabel yang digunakan ada 2 yaitu, variabel bebas adalah bimbingan pribadi (X), sedangkan variabel terikat adalah tingkat emosi (Y). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) sebagai metode pokok dan dokumentasi serta wawancara sebagai metode pendukung.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik dengan teknik product moment yang bersifat kwantitatif dan hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan statistik pada taraf signifikan 5 % N = 30 diperoleh sebesa0,312 dari perhitungan r hitung > t tabel yaitu 0,699 > 0,312 dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang diajukan bahwa "Ada Pengaruh Positif Dan Signifikan Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Emosi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011" dinyatakan diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian adalah para guru bersama-sama guru BK sangat diharapkan menerapkan kegiatan bimbingan pribadi karena bimbingan pribadi berupakan salah satu factor yang dapat menurunkan emosi pada peserta didik. emosi peserta didik diberi arahan dan masukan untuk dapat menahan emosi. Sehingga emosi yang labil pada peserta didik akan menurun dan stabil.
BK0911180 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain