Skripsi
UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
MARLINA, DEWI. 2011. NPM.1107500591. Judul Skripsi Upaya Pembentukan Sikap Disiplin melalui Layanan Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kata Kunci : Bimbingan Konseling, Pembentukan Disiplin Anak.
Bimbingan dan Konseling di sekolah, selain untuk meminimalkan angka kenakalan murid, juga berperan vital meningkatkan kwalitas intelegensia dan emosional anak didik sekaligus. Tapi sayang sekali, rata-rata sekolah justru kurang perhatian terhadap profesionalisme konseler. Konseler atau yang terkenal dengan guru BK (bimbingan konseling) cenderung hanya pelengkap dan formalitas, sedangkan fungsi vitalnya tidak berjalan maksimal, maka lihatlah dampaknya, angka kenakalan anak didik bertambah , masalah-masalah diluar dan di dalam sekolah pun meningkat drastis. Tak heran jika prestasi siswa berangsur-angsur menurun. Berdasarkan konsep tersebut maka permasalahan yang muncul adalah Upaya Pembentukan Sikap Disiplin melalui Layanan Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes sejumlah 185 siswa , dan sampel sejumlah 40 orang yang dipilih adalah teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama.
Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t-test yaitu untuk mengetahui kedisiplinan anak yang sebelum mendapatkan layanan bimbingan konseling dalam pembentukan kedisiplinan anak adalah dengan kategori sangat tinggi 0% , tinggi 27,50%, kurang 65,00%, rendah 7,50% dan sangat rendah 0%. Sedangkan setelah mendapatkan layanan bimbingan konseling dalam pembentukan kedisiplinan anak yaitu untuk kategori sangat tinggi yaitu 5, 00%, tinggi 35,00%, kurang 50,00%, rendah 10,00% sedangkan sangat rendah 0.00%.
Hasil dari perhitungan statistik dengan menggunakan t-test, perhitungan data tersebut thitung diperoleh 0,506 dan besar ttabel dengan batas penolakan dengan taraf signifikan 5% d.b diperoleh 1.729. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel diperoleh thitung = 0,506 < ttabel = 1,729. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan penelitian yang signifikan dengan pembuktian Ho diterima dan Ha ditolak.
Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah agar guru bimbingan konseling sekolah bersama-sama kepala sekolah supaya secara mandiri berusaha mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan bimbingan konseling dalam pembentukan kedisiplinan siswa serta diharapkan agar selalu antusias dalam mengembangkan bimbingan konseling pada pembentukan kedisiplinan siswa.
BK0911174 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain