Skripsi
STUDI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS POTENSI DIRI DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
SEBASTIAN, FEBRI. NPM. 1107500606. 2011. Studi terhadap Pendidikan Karkater Berbasis Potensi diri dalam Menigkatkan Pengembangan diri Peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Bantarbolang Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco KW, M.Pd. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Kata kunci : Pendidikan karkater berbasis potensi diri, Pengembangan diri.
Pengembangan diri peserta didik dinilai akan maksimal dan efektif, manakala dilakukan dengan suatu pendekatan, metode dan sistem yang terarah serta mendasarkan pada seluruh aspek potensi diri yang dimiliki peserta didik, yakni pendidikan karakter berbasis potensi diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi secara empirik dan deskriptif tentang tingkat pengembangan diri peserta didik kaitannya dengan dengan pendidikan karakter berbasis potensi diri, bagaimana pelaksanaan pendidikan karkater berbasis potensi diri dalam meningkatkan pengembangan diri peserta didik kelas VIII SMPN 2 Bantarbolang.
Berdasarkan landasan teori dan hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : pendidikan karkater berbasis potensi diri dinilai efektif dalam meningkatkan pengembangan diri peserta didik kelas VIII SMPN 2 Bantarbolang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan tenaga pendidik / kependidikan SMPN 2 Bantarbolang tahun pelajaran 2010-2011. adapun pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak 10 orang, yang terdiri dari 5 orang dari unsur peserta didik dan 5 orang dari unsur tenaga pendidik / kependidikan.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian di uji dengan menggunakan Reduksi data, data display dan conclusion drawing yang dilaksanakan secara terpadu, berdasarkan hasil analisis data dengan mendasarkan pada data temuan yang direduksikan dan disajikan serta ditarik kesimpulan secara ilmiah. Dan dari proses analisis tersebut pendidikan karakter berbasis potensi diri dinilai efektif dalam meningkatkan pengembangan diri peserta didik manakala dilakukan secara positif.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karkater berbasis potensi diri dinilai dapat meningkatkan pengembangan diri peserta didik secara efektif dan positif, manakala dilakukan dengan baik dan mendasarkan pada nilai-nilai positif yang edukatif.
BK0911181 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain