rtabel 0,361, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan "ada pengaruh bimbingan sosial terhadap perilaku nakal di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010". Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah pelaksanaan bimbingan sosial di sekolah khususnya di SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes agar lebih ditingkatkan lagi karena terbukti bimbingan sosial memberi pengaruh yang positif terhadap berkurangnya perilaku nakal peserta didik khususnya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011." />
Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU NAKAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
YENI SETYANI. 1107500776. 2011. Skripsi. Pengaruh Bimbingan Sosial terhadap Perilaku Nakal Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurusan bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Perilaku Nakal.
Tantangan dan permasalahan pendidikan dewasa ini semakin kompleks dan berat. Salah satu diantaranya adalah kenakalan peserta didik SMP. Peserta didik SMP yang rata-rata berusia antara 12-16 tahun sering terlibat dalam berbagai macam permasalahan remaja. Pada usia remaja seperti ini peserta didik berusaha mencari identitas dirinya. Dalam pencarian identitas diri nya remaja dapat melakukan tindakan yang melanggar aturan-aturan sekolah dan aturan-aturan yang ada dalam lingkungan masyarakat, diantaranya membolos, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan NAZA (narkotika, alcohol dan zat-zat aditif lainnya). Tujuan penelitian ini adalah "Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan sosial terhadap perilaku nakal peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Brebes tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berperilaku nakal yang berjumlah 30 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (bimbingan sosial) dan variabel terikat (perilaku nakal). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rhitung 0,617. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel dengan N = 30 dengan taraf signifikansi 5% dimana diperoleh rtabel = 0,361. Dengan demikian maka rhitung 0,617 > rtabel 0,361, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan "ada pengaruh bimbingan sosial terhadap perilaku nakal di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010".
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah pelaksanaan bimbingan sosial di sekolah khususnya di SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes agar lebih ditingkatkan lagi karena terbukti bimbingan sosial memberi pengaruh yang positif terhadap berkurangnya perilaku nakal peserta didik khususnya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
BK0911182 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain