Skripsi
STRATEGI MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT SISWA KELAS XI.2 SMK NUSANTARA BATANG TERHADAP MAPEL MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
ABSTRAK
IZANA AMALIA. 2011. Strategi Meningkatkan Prestasi dan Minat Siswa Kelas XI.2 SMK Nusantara Batang terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Jigsaw. Skripsi. Pembimbing I: Munadi,M.Si. Pembimbing II: Suwandono, M.Pd. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Prestasi dan Minat Belajar Matematika
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah melalui penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMK Nusantara Batang pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Kegiatan dilaksanakan pada siswa kelas XI.2 semester genap dengan materi pokok statistik dengan 2 siklus. Data hasil prestasi belajar diperoleh melalui tes dan data minat belajar diperoleh melalui angket.
Prestasi hasil belajar siswa untuk mata pelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu siklus 1 naik 20,8% dan siklus 2 meningkat 25%. Rata-rata pada kemampuan awal yaitu 54,79, sedangkan rata-rata pada nilai akhir yaitu 68,54. Maka mengalami peningkatan sebesar 13,75%. Adapun persentase siswa yang tuntas pada kemampuan awal sebesar 41,7%, sedangkan persentase ketuntasan pada akhir mengalami peningkatan yaitu 87,5%, maka mengalami peningkatan sebesar 45.8%. Minat siswa tehadap mata pelajaran matematika pada awal sebelum tindakan adalah 57%, sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan mencapai 69% dan di akhir siklus 2 meningkat menjadi 83%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatip tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas XI.2 SMK Nusantara Batang dengan materi pokok statistik.
MIPA0911153 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain