Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Taman pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
WINARSIH. 2011. ”Efektivitas Pembelajaran Model Elaborasi dengan Menggunakan Media Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Taman Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika, Dra. Eleonora DW, M.Pd., Munadi, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Elaborasi, Hasil Belajar Matematika
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika yang diajar menggunakan pembelajaran model elaborasi dengan menggunakan media alat peraga pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara yang diajar menggunakan pembelajaran model elaborasi dengan menggunakan media alat peraga dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 267 siswa yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa kelas VIII C dan VIII E SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011 diberi pembelajaran menggunakan pembelajaran elaborasi dengan menggunakan media alat peraga; 76 siswa kelas VIII B dan VIII F SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011 diberi pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional dan 36 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011 sebagai kelas ujicoba instumen.
Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar menggunakan metode elaborasi dengan menggunakan media alat peraga sebesar 71,97 termasuk kategori sangat baik. 2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar menggunakan metode konvensional sebesar 67,30 termasuk kategori baik. 3) Adanya perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran model elaborasi dengan menggunakkan media alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Taman Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan yang menggunakkan model pembelajaran konvensional.
MIPA0911154 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain