Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SIGENTONG 03 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Rahayu Sri, 2011. “ Pengaruh Model Pemberian Motivasi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Sigentong 03 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 “. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II : Suriswo S.Pd M.Pd.
Kata Kunci : Pemberian Motivasi, Prestasi Belajar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin menemukan model pemberian motivasi yang cocok bagi siswa kelas V SD, serta sejauh mana pengaruh pemberian motivasi tersebut terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sigentong 03.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sientong 03 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 yang seluruhnya berjumlah 37 siswa, 18 siswa putra dan 19 siswa putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sedangkan untuk memperoleh data tentang peran model pemberian motivasi dan pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sigentong 03. Penulis menggunakan metode angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif persentase dan uji korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode deskriptif persentase diketahui model pemberian motivasi memperoleh skor sebesar 68,78 %. Berdasarkan tabel kriteria peran model pemberian motivasi yang rentang nilainya antara 62,50 % - 81,25 % dengan skor 462 – 601, maka nilai 68,78 % tergolong cukup baik. Dalam hal model motivasi yang cocok untuk diberikan sesuai dengan kondisi siswa kelas V SD Negeri Sigentong 03 berdasarkan angket yang diperoleh dari responden adalah model kompetisi.
Sedangkan dari hasil uji korelasi product moment diperoleh angka teoritik sebesar 0,403 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel product moment N.37 diperoleh taraf signifikan 5 % = 0,325 dimana hasil perhitungan statistik nilai 0,403 lebih besar dari nilai r teoritik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dalam penerapan model pemberian motivasi terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sigentong 03 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 sehingga Hipotesa Kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh posotof antara model pemberian motivasi terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sigentog 03 diterima, dan Hipotesa Nihil (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil kesimpulan, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut :
1. Guru hendaknya selalu memberikan motivasi yang bervariasi berupa stimulan/rangsangan yang dapat membangkitkan minat siswa untuk meraih prestasi belajar matematika baik sebelum maupun setelah proses pembelajaran.
2. Guru hendaknya menerapkan pemberian motivasi model kompetisi secara terprogram, terarah, terbuka dan penuh dengan sportifitas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
BK0911186 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain