Skripsi
BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ALIH TANGAN KASUS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI CEMPAKA 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
DARYOTO. 2011. Bimbingan Konseling Berbasis Alih Tangan Kasus Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan Konseling Alih Tangan Kasus, Prestasi Belajar
Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling berbasis alih tangan kasus dan mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta mengetahui hubungan antara Bimbingan Konseling Berbasis alih tangan kasus dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Ada hubungan bimbingan konseling berbasis alih tangan kasus dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 221 siswa. Dari 221 siswa tersebut diambil sampel secara cluster sampling sebanyak 40 siswa yang berasal dari siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisa data menggunakan rumus r korelasi product moment.
Dari hasil r hitung diperoleh sebesar 0,395. Hasil r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikasi 0,05 dengan N = 40 sebesar 0,312. Sehingga Ha Diterima yang berbunyi ada hubungan bimbingan konseling berbasis alih tangan kasus dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan peserta didik Kela V di SD Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gambaran atau deskritif dari pelaksanaan bimbingan konseling berbasis alih tangan kasus pada siswa kelas V SD Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun 2010/2011 adalah dalam kategori sangat baik (60%) yang secara umum dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada siswa kelas V SD Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 dalam kategori sangat baik yaitu (70%). dan Besarnya pengaruh upaya bimbingan konseling berbasis alih tangan kasus terhadap perolehan prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada siswa kelas V SD Negeri Cempaka 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 adalah r xy = 0,395.
BK0911187 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain