Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL
ABSTRAK
Khaerunisa Fitria. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal”. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan yang berupa observasi, wawancara dan kuesioner.. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Rank Spearman, uji hipotesis korelasi Rank Spearman, dan koefisien daterminasi.
Dari hasil perhitungan statistik Rank Spearman diperoleh hasil berupa angka Correlation Coefficient Rank Spearman (rs) sebesar 0,654. Dengan nilai rs sebesar 0,654, maka menurut tabel interprestasi nilai rs berarti korelasi kuat. Hubungan yang terjadi bersifat kuat artinya dengan meningkatnya kualitas pelayanan terhadap pasien maka hal ini akan meningkatkan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah. Dari hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh thitung = 8,56 dengan demikian thitung (8,56) ≥ ttabel (1,98) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ada hubungan yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien. Adapun besarnya hubungan dari Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien sebesar 57,9 % dan selebihnya yaitu sebesar 42,1 % diHubungani faktor lain yang tidak diteliti.
MNJ0911125 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain