Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DI SMK GONDANG WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
ANDARWATI, RINA.2011. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Cooperative Learning Teknik Jigsaw di SMK Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2010-2011” PKn. Drs.Subiyanto, M.Pd., Drs.Yanuarto, S.E.,M.M.S.H.M.H, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Cooperative Learning Teknik JIGSAW, Hasil Belajar.
Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMK Gondang Pekalongan Tahun (2) bagaimanakah penerapan metode Kooperatif teknik Jigsaw pada mata pelajaran PKn siswa SMK Gondang Pekalongan. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, (2)penerapan pembelajaran Kooperatif teknik Jigsaw pada mata pelajaran PKn pada siswa SMK Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2010-2011.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Teknik pengumnpulan data berupa angket, tes dan observasi, dengan sampelnya adalah kelas X A berjumlah 44 siswa.
Hasil siklus I angket tanggapan siswa terhadap metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,82% atau 36 dari 44 siswa. Adapun tidak tuntas 18,18 % atau 8 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar mata pelajaran PKn siswa kelas XA SMK Gondang Pekalongan Tahun Pelajaran 2010-2011.sebesar 95,45 % atau 42 siswa dari 44 jumlah siswa seluruhnya sehingga terdapat 2 siswa atau 4,55% belum tuntas. Hal ini berarti memenuhi indikator keberhasilan belajar karena tolok ukur ketuntasan belajar sekurang-kirangnya adalah sebesar 85%.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw dalam pembelajaran dengan pokok bahasan Norma-norma yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, menyajikan hasil belajar serta menyimpulkannya termasuk dalam kategori baik dan aktif dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan Norma-norma yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara melalui penerapan Cooperative Learning Teknik Jigsaw adalah langkah sistematis yaitu meneliti secara singkat, membuat daftar pertanyaan, membaca, memahami, dan meninjau ulang.
PPKN0911107 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain