Skripsi
PELAKSANAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA SMK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI Semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang T
ABSTRAK
NUROKHMAN /1208500761 Pelaksanaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Siswa SMK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI Semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011)” Skripsi. Program Studi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UPS Tegal. Pembimbing I: Dra. Tity Kusrina, M.Pd.;Drs. Subiyanto MPd..
Kata Kunci : Metode CTL, Prestasi Belajar.
Metode kontekstual telah dipahami sebagai konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa. Rumusan masalah penelitian apakah pelaksanaan metode contextual teaching learning dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN) siswa kelas XI TB semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode contextual teaching learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN) siswa SMK (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011).
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan metode Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI TB (Tata Boga) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 secara umum dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Siswa mampu menguasai mata pelajaran khususnya mata pelajaran PKn .
Penerapan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas XI TB (Tata Boga) SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil PTK yang dilaksanakan sebanyak 3 Siklus bahwa pada siklus I terdapat 28 siswa tuntas (71,41% ) dan siklus II 34 siswa tuntas ( 85,37% ) sedangkan siklus III terdapat 39 siswa tuntas (97,50%).
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dari 40 responden yang menerapakan metode Contextual Teaching and Learning efektif dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn peserta didik kelas XI TB (Tata Boga) SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Di samping itu dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 62,56 sebelum tindakan dan menjadi cukup baik dengan nilai rata-rata 73,71 pada siklus I. Pada siklus II menjadi lebih baik lagi dengan nilai rata-rata 77,30 sedangkan pada siklus III meningkat 82,82.
PPKN0911108 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain