Skripsi
KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PROGRAM POWERPOINT MATERI POKOK BANGUN DATAR SEGITIGA Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP NU I Hasyim Asy’ari – Tarub Tahun Pelajaran 2010/2011
ABSTRAK
Nur Aflakhatun. 2011. “Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Program Powerpoint Materi Pokok Bangun Datar Segitiga (Suatu penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP NU I Hasyim Asy’ari-Tarub Tahun Pelajaran 2010/2011)”.Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora DW, M.Pd. Hj. Isnani, M. Si.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Keefektifan, Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), powerpoint, Bangun datar segitiga.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan apakah ada perbedaan antara pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan media TIK (powerpoint) dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. 2) Untuk mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media powerpoint dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun datar segitiga pada siswa kelas VII SMP NU I Hasyim Asy’ari – Tarub Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas VII Semester II SMP NU I Hasyim Asy’ari – Tarub dengan jumlah 390 yang terbagi menjadi 10 kelas. Dengan teknik cluster random sampling sampel penelitian yang diambil adalah kelas VII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol, sedangkan untuk kelompok uji coba adalah kelas VII D. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data berupa nama-nama siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan hasil prestasi belajar siswa dalam materi bangun datar segitiga. Untuk pengujian instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, taraf kesulitan soal, daya pembeda dan untuk analisis data dengan menggunakan uji-t satu pihak dan uji-t pihak kanan.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Ada perbedaan hasil prestasi siswa pada model pembelajaran MMP dengan powerpoint dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. 2) Hasil prestasi siswa dengan model Pembelajaran MMP dengan media powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi siswa yang diajar dengan menggunakan model ekspositori.
MIPA0911156 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain