Skripsi
. Hubungan Pelayanan dan Lokasi dengan Keputusan Pembelian Konsumen pada Mini Market ANA Kemantran Kab. Tegal.
ABSTRAK
LAELA INDI S. 2011. Hubungan Pelayanan dan Lokasi dengan Keputusan Pembelian Konsumen pada Mini Market ANA Kemantran Kab. Tegal. Skripsi. Jurusan Manajemen Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Dra. Sri Murdiati, M.Si, Niken Wahyu C. S.E., M.M.
kata kunci: Pelayanan, Lokasi, Keputusan pembelian
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pelayanan, dengan keputusan pembelian, untuk mengetahui besarnya hubungan lokasi, dengan keputusan pembelian, dan untuk mengetahui besarnya hubungan pelayanan, dan lokasi yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian konsumen pada mini market ANA Kemantran Kab. Tegal.
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dengan keputusan pembelian konsumen pada mini market “ANA” Kemantran Kab. Tegal, Ada hubungan yang signifikan antara lokasi dengan keputusan pembelian konsumen pada mini market “ANA” Kemantran Kab. Tegal, Ada hubungan yang signifikan antara pelayanan, lokasi dengan keputusan pembelian konsumen pada mini market “ANA” Kemantran Kab. Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan berkunjung dan membeli di mini market ANA Kemantran Kab. Tegal. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 100 orang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu pelayanan, dan lokasi, sedangkan sebagai variabel terikat adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan wawancara. Metode yang digunakan adalah instrumen penelitian dan uji analisis data.
Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 83,781 sedangkan Ftabel 3,94. Dengan demikian Ho ditolak artinya secara simultan pelayanan, dan lokasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian produk di mini market ANA Kemantran Kab. Tegal. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,626 berarti hubungan yang diberikan variabel pelayanan, dan lokasi dengan keputusan pembelian sebesar 62,6 %. Sedangkan sisanya 37,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial diperoleh t1 = -0,320, t2 = 0,689, dan ttabel 1,983 artinya Ho ditolak, sehingga secara parsial pelayanan, dan lokasi berhubungan secara signifikan dengan keputusan pembelian.
Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu ada hubungan pelayanan, dan lokasi dengan keputusan pembelian konsumen pada mini market ANA Kemantran Kab. Tegal. Saran yang dapat diberikan adalah pihak mini market mengenai lokasi hendaknya disediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kelancaran konsumen dalam berbelanja. Mengenai pelayanan, hendaknya lebih diperhatikan terutama unsur kecepatan, ketepatan, keamanan, keramahan, dan kenyamanan karena variabel pelayanan mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian di mini market ANA Kemantran Kab. Tegal.
MNJ0911130 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain