Skripsi
APLIKASI NILAI-NILAI ASMAUL HUSNA (AL-MUSHAWIR,AL-ALIM DAN AL-AZIZ) TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK MTs. ASSALAFIYAH KOTATEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
AZIZ, ABDUL, 2011. NPM : 1107500663, Judul Skripsi ”Aplikasi Nilai-nilai Asmaul Husna terhadap Pembentukan Perilaku Belajar Peserta Didik MTs. Assalafiyah Kota Tegal (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas VIII Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi Bimbingan dan Konseling Pembimbing I : Dr.Hj.Sitti Hartinah D.S., M.M., Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd
Kata Kunci : Nilai-Nilai Asmaul Husna, Perilaku Belajar.
Pembentukan perilaku belajar positif adalah salah satu tugas yang harus dikembangkan oleh seorang guru pembimbing. Banyak cara yang mungkin diterapkan dalam pelaksanaannya salah satunya adalah penerapan nilai-nilai asmaul husna yakni Al-Aziz, Al-Mushawir dan Al-Alim. Diharapkan dengan pengaplikasian ketiga Asmaul Husna tersebut dapat merubah dan membentuk perilaku belajar positif pada peserta didik MTs Assalafiyah Kota Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai Asmaul Husna pada peserta didik kemudian untuk mengetahui proses pembentukan perilaku belajar peserta didik kelas dan yang terakhir untuk mengetahui aplikasi nilai-nilai Asmaul Husna terhadap pembentukan perilaku belajar peserta didik kelas VIII MTs. Assalafiyah Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang dianggap memiliki perilaku belajar yang masih belum efektif. Tehnik pengambilan peserta didik yang dijadikan kasus yaitu berdasarkan catatan prestasi dan pelanggaran dalam sekolah. Dari 139 siswa terdapat 21 peserta didik yang memilki kriteria penelitian, namun hanya diambil 3 peserta didik yang dirasa lebih tepat sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pokok adalah dokumentasi, wawancara (interview), dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perubahan pada Peserta didik yang menjadi subjek penelitian setelah pengaplikasian nilai-nilai Asmaul Husna. Salah satu indikatornya adalah peningkatan prestasi dan menurunya tingkat pelanggaran peserta didik. Sehingga perubahan positif yang mereka capai sesuai dengan harapan mereka yaitu meningkatkan prestasi dan menurunkan kecenderungan untuk melakukan pelanggaran. Disarankan bagi Peserta didik memahami arti sebenarnya tentang Amaul Husna, dan peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam belajar serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan masyarakat, lingkungan belajar maupun lingkungan pergaulan.
BK0911190 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain