Skripsi
STRATEGI PUSKESMAS PERAWATAN KESESI I MENUJU AKREDITASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PASIEN DI WILAYAH KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN
ABSTRAK
NAMA : GUNARTO
NPM : 2107501178
JUDUL : Strategi Puskesmas Perawatan Kesesi I Menuju Akreditasi Untuk
Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien Di Wilayah Kecamatan
Kesesi Kabupaten Pekalongan
Dalam rangka mewujudkan status kesehatan masyarakat yang optimal,
maka berbagai upaya harus dilaksanakan, salah satu di antaranya ialah
menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan
untuk masyarakat di tingkat dasar di Indonesia adalah melalui Pusat Kesehatan
Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan unit organisasi fungsional Dinas
Kesehatan Kabupaten/ Kota dan diberi tanggung jawab sebagai pengelola
kesehatan bagi masyarakat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang
dapat ditempuh untuk menuju Puskesmas yang terakreditasi, untuk mengetahui
sejauh mana pengaruh Akreditasi terhadap mutu pelayanan di Puskesmas
Perawatan Kesesi I dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi untuk
mencapai proses akreditasi.
Pada penelitian ini penulis menggunakan tipe bersifat deskriptif. Karena
penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara tepat suatu gejala atau
kelompok tertentu atau untuk menentukan frekuensi adanya suatu hubungan
tertentu antara satu gejala dengan gejala lain dalam hal ini strategi Puskesmas
Perawatan Kesesi I dengan upaya peningkatan mutu pelayanan pasien..
Strategi yang ditempuh Puskesmas Perawatan Kesesi I adalah dengan
mengupayakan tersedianya prasarana yang memadai, terpenuhinya peralatan yang
dibutuhkan dan mencari informasi tentang kepuasan konsumen/pengguna jasa dari
masyarakat yang mengunjungi Puskesmas. Pengaruh Akreditasi terhadap mutu
pelayanan di Puskesmas Perawatan Kesesi I adalah sangat tinggi, hal ini
dibuktikan dari hasil analisis perhitungan skor. Berdasarkan total skor jawaban
hasil responden yang diperoleh dari 30 item pada indikator penyuluhan kesehatan
yang diberikan Puskesmas Perawatan Kesesi I dengan total skor 5993 dengan
prosentase 83,24% dari skor maksimal.Hambatan yang dihadapi untuk mencapai
proses akreditasi meliputan faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi
jumlah petugas kesehatan yang masih minim, artinya tenaga medis maupun non
medis yang terbatas, kinerja pelayanan kepada pasien yang belum maksimal.
Selanjutnya fasilitas pelayanan yang belum memadai, masih terbatasnya usaha
Puskesmas Perawatan Kesesi I untuk mengadakan kerjasama dengan dinas terkait,
seperti penambahan unit mobil, dokter jaga. Sedangkan faktor eksternalnya adalah
kurangnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan di Puskesmas
yaitu masih memeriksakan sakitnya dengan berkunjung kepada dukun yang
dianggap sakti.
Kata kunci: Strategi, Akreditasi dan Pelayanan Pasien
ABSTRACT
FSP0911112 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain