Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KETEPATAN PENEMPATAN JURUSAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SAINAH, NPM. 1107500823. 2011. “Korelasi Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Terhadap Ketepatan Penempatan Jurusan Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011”, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Korelasi Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling, Ketepatan Penempatan Jurusan Siswa.
Kompetensi peserta didik yang harus dikembangkan melalui pelayanan bimbingan dan konseling melalui layanan informasi untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan. Sebaliknya, kesuksesan peserta didik dalam mencapai SKL akan secara signifikan menunjang terwujudnya ketepatan penempatan jurusan, maka kiranya perlu adanya pemberian informasi tentang penempatan jurusan pada peserta didik, termasuk perlu layanan informasi bimbingan konseling dapat menjelasankan tentang pembagian jurusan, syarat untuk dapat memasuki jurusan tertentu sekaligus kemungkinannya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Korelasi layanan informasi bimbingan dan konseling terhadap ketepatan penempatan jurusan pada siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 sejumlah 300 siswa. Sampel dalam penelitian ini 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung = 0,690 kemudian rhitung dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel = 0,361. Maka r hitung > r tabel (0,690 > 0,361), hal ini menunjukkan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar r tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan : “Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling mempunyai Korelasi yang signifikan terhadap Ketepatan Penempatan Jurusan Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011” adalah menerima dan ditolak hipotesis nihil.
Kesimpulannya adalah bahwa Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling mempunyai Korelasi yang signifikan terhadap Ketepatan Penempatan Jurusan Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah para guru agar sesering mungkin memberikan layanan informasi yang berkaitan dengan jurusan siswa disamping menyampaikan bahan pelajaran, bukan hanya itu setidaknya para guru selalu mengevaluasi perkembangan siswa di saat mendapatkan ilmu yang diperoleh, agar kemampuan mereka selalu terukur dan meningkat.
BK0911200 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain